Beranda | Artikel
Khiyar Aib - Hukum Syarat Jual Beli - Kitab Zadul Mustaqni (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)
Kamis, 4 Januari 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Erwandi Tarmizi

Khiyar ‘Aib – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni adalah kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. yang merupakan rekaman kajian kitab زاد المستقنع في اختصار المقنع atau populer dengan sebutan Kitab Zadul Mustaqni. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Hanbali, karya Syaikh Syarifuddin Abu Naja Musa bin Ahmad Al-Hajawi rahimahullah dan merupakan ringkasan dari Kitab Al-Muqni karya Ibnu Qudamah rahimahullah.

Download kajian sebelumnya: Khiyar Ghabn dan Khiyar Tadlis – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni

Download juga Kitab Zadul Mustaqni – Format PDF di sini

Ringkasan Kajian Tentang Khiyar ‘Aib – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni

Khiyar ‘Aib merupakan jenis kelima dari bentuk-bentuk Khiyar. Dua bentuk sebelumnya yakni, khiyar majelis, khiyar syarat, khiyar Ghabn dan khiyar Tadlis. Khiyar berarti pilihan untuk meneruskan atau membatalkan jual beli. ‘Aib adalah cacat. Sehingga Khiyar ‘Aib adalah segala sesuatu yang menyebabkan berkurangnya harga pada barang. Jika ada cacat atau sesuatu yang menyebabkan berkurangnya harga namun dijual dengan harga sama, maka pembeli berhak untuk membatalkan.

Contoh pada kasus ini adalah jual-beli hewan dan hewan tersebut sakit. Tentu berbeda harganya dengan hewan yang sehat atau ada anggota tubuhnya yang hilang atau adanya pertambahan anggota tubuhnya. Dalam hal ini juga termasuk budak yang pernah berzina, mencuri, lari dari tuannya, kencing di kasur. Maka ini cacat dan bila didiamkan oleh penjual dan terbeli, boleh dikembalikan.

Apabila si pembeli mengetahui ada cacat setelah terjadi jual beli, maka setelah dia beli dia mempunyai pilihan untuk menahan dan meminta kompensasi harga atau dikembalikan sama sekali dan membatalkan jual beli.

Download MP3 Kajian Tentang Khiyar ‘Aib – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni



Artikel asli: https://www.radiorodja.com/29681-khiyar-aib-hukum-syarat-jual-beli-kitab-zadul-mustaqni-ustadz-dr-erwandi-tarmizi-m/